Bantu Korban DBD, RZ Adakan Donor Darah

BANDUNG | DikoNews7 -

Sebagai salah satu upaya membantu korban Demam Berdarah Dengue (DBD), RZ bekerjasama dengan PMI kota Bandung mengadakan program donor darah diRBG (Rumah Bersalin Gratis) cabang Bandung.  

Diharapkan darah yang disumbangkan para pendonor bisa meringankan beban para penderita DBD di Kota Bandung dan sekitarnya.

Direktorat Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan mencatat 3.298 kasus DBD  dengan jumlah kematian sebanyak 50 kasus di Indonesia. Sementara di daerah KLB (Kejadian Luar Biasa)  tercatat 492 kasus dan 25 kasus diantaranya meninggal.

“Target donor darah kali ini adalah masyarakat, member RZ dan amil RZ. Kami juga bekerjasama dengan Karang Taruna setempat untuk sosialisasi acara donor darah ini,” tutur Adim, Public Health Officer Citra Sehat Foundation (CSF), Rabu (24/2).

Hingga saat ini, KLB terjadi di 11 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi. Adapun kota/kabupaten yang menaikkan status menjadi KLB  DBD, antara lain Kabupaten Tangerang di Banten, Gorontalo di Provinsi Gorontalo, Kaimana di Papua Barat, Bulukumba, Pangkep, Luwu Utara dan Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan, Gianyar, serta Denpasar di Bali. Akibat KLB DBD tersebut, dibutuhkan banyak persediaan darah untuk para pasien DBD.

“Mendonor itu banyak manfaatnya, selain secara sosial dapat menolong orang lain, dari sisi kesehatan membuat produksi sel darah merah menjadi terperbaharui, menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah. Selain itu, untuk yang mendonorkan darahnya sebanyak 450 cc akan mampu membakar 600 kkal. Jadi, jangan takut untuk mendonorkan darag,” papar Silvi, Dokter RBG cabang Bandung. (DN7)

0 Response to "Bantu Korban DBD, RZ Adakan Donor Darah"

Post a Comment