RZ Peringati Hari Peduli Sampah di Kalianda

BANDAR LAMPUNG | DikoNews7 -

RZ (Rumah Zakat) cabang Bandar Lampung bersama ormas, pemda dan masyarakat mengadakan aksi bersih-bersih di sekitar pantai Kalianda, Lampung Selatan

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sampah Peduli Nasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan dan kepedulian akan sampah.

Bencana longsor sampah yang terjadi pada 21 Februari 2005 lalu di Leuwi Gajah, Cimahi, Jawa Barat mengakibatkan ratusan jiwa tewas tertimbun. Semenjak peristiwa itu, 21 Februari dicetuskan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. 

Namun, setelah 11 tahun sejak peristiwa tersebut berlalu, ironinya volume sampah justru kian meningkat, kesadaran masyarakat terhadap sampah masih sangat kurang.

Aksi ini juga merupakan bagian dari program Cipta Pantai Berseri dalam agenda nasional yang dicetuskan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam pelaksanaannya, RZ menggerakkan komunitas dan organisasi untuk turut serta dalam agenda bersih pantai di wilayah tersebut.

Beberapa organisasi, komunitas dan instansi pemerintahan yang ikut serta dalam kegiatan ini diantaranya IPM (Ikatan Pemuda Muhammadiyah), ADADAYA Lampung Selatan, BEM STAI YASBA, Komunitas OI (Orang Indonesia), Pecinta Alam Kalianda, BLHD (Badan Lingkungan Hidup Daerah), dan Dinas Kebersihan Kabupaten Lampung Selatan. Selain itu, para relawan juga mengajak para pengunjung pantai untuk ikut membersihkan pantai.

“Dengan adanya peringatan seperti ini, menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan yang terkotori

Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya bagi kami dalam mewujudkan kelestarian alam untuk generasi masa depan,” papar Asrofi, Relawan RZ cabang Bandar Lampung, Senin (22/2). (DN7)

0 Response to "RZ Peringati Hari Peduli Sampah di Kalianda"

Post a Comment