Pelindo I Sediakan Layanan TPFT

MEDAN | Dikonews7
 
Komisi VI Anggota DPR RI Bambang Haryo Soekartono melakukan kunjungan kerja ke PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I dengan mengunjungi langsung Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan dan Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) di Belawan International Container Terminal, Rabu (17/2).
 

Dalam kunjungannya Bambang Haryo Soekartono mengapresiasi Pelindo I yang telah menyediakan fasilitas Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) dan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) secara online dan pertama di luar Pulau Jawa yang dapat dioptimalkan untuk menunjang kegiatan pemeriksaan fisik Bea Cukai dan Karantina dengan mekanisme pemeriksaan karantina dilakukan terlebih dahulu sebelum respon kepabeanan atau secara bersama-sama (join inspection).
 

Disela-sela kunjungan wakil rakyat tersebut, GM Belawan International Container Terminal (BICT) Yarham Harid ST MM menjelaskan dengan adanya TPFT ini, proses waktu kegiatan pemeriksaan (behandle) peti kemas impor menjadi lebih efektif karena sudah menggunakan sistem online yang terintegrasi. 

Dari segi fasilitas, para pengguna jasa mendapatkan fasilitas yang nyaman, akses informasi cepat dan akurat serta sarana & prasarana yang sangat mendukung kegiatan behandle.
 

Selain itu, dengan berada di dalam pelayanan satu atap maka waktu yang dibutuhkan bagi pengguna jasa menjadi lebih cepat, dan dengan adanya sistem online, pemindahan peti kemas dari lapangan penumpukan ke lapangan behandle sudah berdasarkan sistem, dan tidak menunggu permintaan pengguna jasa lagi.
 

“Keuntungan menggunakan fasilitas TPFT pemeriksaan bisa dilakukan bersama antara Bea dan Cukai dan Karantina, secara online dan dengan lokasi pemeriksaan/behandle yang berada terpisah dari lokasi penumpukan petikemas di terminal, sehingga mengurangi mobilitas orang di dalam lapangan penumpukan petikemas di terminal ,” jelas Yarham lebih lanjut.
 

Bambang juga mengapresiasi Pelindo I yang sudah membangun empat unit cold storage hortikultura yang akan digunakan untuk aktivitas ekspor bahan makanan.
 

“Memang Sumut adalah gudangnya komoditas pangan. Jadi prosesnya harus dihilirisasi ke Belawan baru dikapalkan ke manca Negara,” kata Bambang.
 

Bambang menambahkan sudah melakukan cek ke lapangan tentang ekspor Sumut, ternyata lebih besar ketimbang impor di mana komoditasnya berhubungan dengan perkebunan atau pangan.
 

Sementara ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan pelayanan TPFT kepada pengguna jasa dan masyarakat, hal ini adalah merupakan wujud keseriusan dan bentuk komitmen Pelindo I dalam memberikan yang terbaik.
 

"Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen Pelindo I telah mempersiapkan TPFT kepada pengguna jasa dan masyarakat," beber Fiona yang belum ada sebulan menjabat sebagai ACS Humas Pelindo I kepada www.dikonews.com. (Syahril)

0 Response to "Pelindo I Sediakan Layanan TPFT"

Post a Comment