BC Gagalkan Penyeludupan Ratusan Bal Monza

MEDAN | Dikonews7
 
Petugas kapal patroli Bea Cukai gagalkan penyeludupan ratusan bal pakaian bekas yang lebih ngetren disebut "Monza" di perairan Tanjung Tiram, Batubara pada titik koordinat N-03"15.169" E-099"33.717", Senin (22/2) dan tiba di demaga khusus BC, Selasa (23/2).

Kapal Motor (KM) Kurnia Abadi dengan ukuran 16 GT nomor lambung 1550/PPb ditangkap ketika berlayar dari Malaysia menuju Batubara dan tidak ada awak kapal yang tertangkap karena melarikan diri ketika upaya penangkapan berlangsung.


Saat dilakukan penangkapan, anak buah kapal (ABK) dibantu puluhan warga yang menggunakan 10 kapal kecil, diduga suruhan pemilik kapal melakukan perlawanan. 

Namun, karena kesigapan petugas patroli perlawanan tidak berhasil. Petugas patroli terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan ke udara untuk menghalau massa yang ingin menguasai kapal pembawa barang ilegal itu.

"Sempat ada upaya perlawanan dari ABK yang dibantu warga. Petugas terpaksa meletuskan dua kali tembakan peringatan ke udara dan ABK kabur bersama kapal yang membawa warga", kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Belawan, Lufi Hartono.


Menurut pantauan DN7, sejumlah pekerja membongkar ratusan bal pakaian bekas tidak lama setelah KM Kurnia Abadi tiba di dermaga BC Belawan. 

Selanjutnya bal pakaian bekas tersebut ditumpukkan di dermaga untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan menggunakan anjing pelacak narkoba.

"Saat kita periksa ditemukan satu butir pil yang diduga narkoba, oleh itu kita akan melakukan pemeriksaan mendalam dengan menggunakan anjing pelacak", sebut seorang petugas BC Belawan. (Syahril)

0 Response to "BC Gagalkan Penyeludupan Ratusan Bal Monza"

Post a Comment