Pelindo 1 Terapkan Sistem Manajemen Berbasis IT

MEDAN | Dikonews7 -
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 diundang untuk memberikan Knowledge Sharing SDM pada acara Rapat Kerja Bank Mestika Medan, Rabu (24 /2/2016). 
Pelindo 1 dipilih karena telah berhasil menjalankan program pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)  berbasis Kinerja dan IT, sehingga terjadi peningkatan produktivitas dan kinerja Perusahaan. 
Terbukti salah satunya dengan adanya peningkatan indeks kepuasan pegawai yang semakin meningkat di tahun 2015.  Knowledge Sharing SDM ini dibawakan oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya, dan dipandu oleh motivator Parlindungan Marpaung.  
“Pelindo 1 telah membenahi sistem pengelolaan SDM, yaitu dengan membangun sebuah aplikasi berbasis kinerja dan IT, yang dinamakan dengan Sistem Manajemen Kinerja Elektronik (MKE),” jelas Hamied dalam paparannya.

MKE ini adalah Sistem Penilaian Kinerja Pegawai dengan menggunakan aplikasi untuk perencanaan kinerja, bimbingan kinerja dan penilaian kinerja pegawai yang dilakukan setiap bulannya. 
Sehingga, seluruh pekerjaan masing-masing pegawai dapat dipantau dengan baik dan terukur. Dalam penerapannya, MKE memiliki 5 (lima) prinsip penting, yaitu objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

“Aplikasi MKE ini sudah berjalan lebih dari 1 (satu) tahun, dan memberikan dampak positif secara langsung pada peningkatan produktivitas pegawai dan juga peningkatan pada indeks kepuasan pegawai, menjadi 3,63 di tahun 2015 (skala 5) dibanding tahun 2014 sebesar 3,4,” tambah Hamied.

Selain berperan dalam perencanaan kinerja, sistem MKE ini dapat menciptakan semangat baru dalam membangun budaya kinerja.
“Melalui perencanaan kegiatan kerja hari per hari, historical data seluruh pegawai dapat ter-record dengan baik, proses komunikasi antara atasan dan staf dalam mencapai target kerja berjalan lancar, proses inilah yang menjadikan program MKE menjadi tantangan positif menuju budaya kinerja yang lebih baik,” jelas Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1.

Selain MKE, Pelindo 1 juga sudah menerapkan Aplikasi Manajemen Surat Elektronik (MSE) di seluruh wilayah kerjanya sejak awal tahun 2016. 
MSE adalah aplikasi back office Pelindo 1 yang mendukung proses administrasi surat kedinasan, mulai dari pembuatan konsep, finalisasi dan pemberian disposisi surat kedinasan berbasis IT. 
Dengan adanya MSE, dapat menghemat biaya penggunaan kertas, menghemat waktu, pengelolaan arsip yang lebih baik, fleksibel karena dapat diakses dimana dan kapan saja, dan keamanan yang lebih terjaga.

Sharing knowledge ini tidak hanya dilakukan dengan Bank Mestika saja, tetapi Pelindo 1 juga sudah beberapa kali menerima benchmarking antar korporasi untuk mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi MKE ini, beberapa diantaranya adalah PTPN 3 dan Pelindo 4. (Abu)

 


0 Response to "Pelindo 1 Terapkan Sistem Manajemen Berbasis IT"

Post a Comment