Kodam IV Dipenogoro Ajak Relawan RZ Hijaukan Ungaran

SEMARANG | DikoNews7 -

KODAM IV Dipenogoro, Jawa Tengah mengajak relawan RZ (Rumah Zakat) melakukan aksi penanaman 6.000pohon di Gunung Ungaran. 

Aksi ini dilakukan untuk menghijaukan kembali ruang tandus di sekitar jalur pendakian Gunung Ungaran dan juga untuk merehabilitasi kawasan lereng gunung tersebut yang sempat terbakar saat musim kemarau lalu.

Aksi yang mengusung tema ‘1001 Pendaki Menanam Pohon’ ini dilakukan oleh 1.700 relawan, terdiri dari komunitas pecinta alam, LSM pemerhati lingkungan, TNI, pramuka, pelajar dan mahasiswa, hingga masyarakat umum. 

Acara juga dihadiri oleh Komandan Kodim Kab. Kendal beserta jajaran Muspika serta perwakilan perusahaan setempat.

Kegiatan yang memiliki tagline “Tanam..Tanam...Tanam untuk Kehidupan” ini dilakukan di dua jalur pendakian, yakni di Pos Mawar, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang dan Pos Medini, Promasan, Boja, Kabupaten Kendal

Sebanyak 6.000 bibit tanaman endemik gunung ditanam di kedua wilayah tersebut, dengan rincian 3.000 bibit tanaman di jalur Mawar dan 3.000 lagi di  jalur Medini.

“Alhamdulillah. Pelaksanaan 1001 Pendaki Menanam Pohon ini berjalan lancar. Meskipun di tengah kondisi cuaca yang sedikit kurang bersahabat dan adanya kecelakaan dari beberapa peserta, namun segera dapat ditangani oleh rekan-rekanrelawan dengan sigap,papar Irma, Koordinator Relawan RZ cabang Semarang, Rabu (17/2).

Dalam kegiatan ini disediakan juga Dapur Umum (DU) di bawahbekang KODAM IV DIPONEGORO serta satu unit ambulance gratis dari RZ untuk evakuasi dan penanganan bila terjadi kejadian-kejadian yang tak terduga

“Kalau bukan generasi muda yang menjaga dan melestarikan hutan gunung ini, lantas siapa. Kami dari TNI bertugas menjaga kedaulatan wilayah dan pemuda lah yang merawat serta melestarikannya,” ujar Letkol Inf.Piter Dwi Ardiantor, Komandan Distrik Militer Dipenogoro. (DN7)

0 Response to "Kodam IV Dipenogoro Ajak Relawan RZ Hijaukan Ungaran"

Post a Comment